Buat kamu-kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat, atau tertarik tentang Amerika Serikat pada umumnya, check out blog Indonesia Mengglobal!

Saya dan teman-teman di sini beberapa kali cerita-cerita dan prihatin tentang kurangnya informasi yang jelas dan terpercaya di Indonesia tentang pendidikan di Amerika. Sebenernya pendidikan di sini itu accessible kok, cuma terkadang mungkin orang-orang udah keder duluan gara-gara kurang informasi di sekitar. Yup, banyak agen-agen pendidikan. Tapi 1) mahal, dan 2) mereka nggak selalu bener2 tau, jadi kadang-kadang kasih saran yang ill-advised. Blog ini adalah upaya bersama kami buat mengatasi keprihatinan itu. Isi blognya bakal sharing-sharing tentang pendidikan di sini dan tips-tips untuk mendaftar ke universitas di Amerika Serikat, ditulis oleh orang-orang yang bener-bener tau dan ngerasain pengalaman itu (lihat halaman kontributor). Blognya bakal diupdate at least setiap minggu, dan sekarang sudah ada beberapa tulisan yang bisa dibaca tentang akademis di Stanford dan mendapatkan beasiswa lewat Research Assistantship.

Jangan lupa subscribe sitenya ya, follow juga twitter account-nya :-) Mudah-mudahan membantu. Ayo leave comment (di website tsb, preferably) tentang apa-apa yang kamu pengen diulas di sana.

Finally, ini kutipan dari Welcome Editorial yang menurut saya penting untuk diemphasize:

Seiring waktu, tidak lagi kita bisa melihat nasionalisme dengan sudut pandang yang sempit, atau terlalu cepat bersikap skeptis akan aspek-aspek asing semata-mata karena berbeda atau berlawanan dengan kultur kita. Sebaliknya, baiknya kita bisa mengambil waktu sejenak untuk refleksikan keuntungan dan mengambil manfaat dari sudut pandang asing tersebut di saat-saat tertentu. Penting juga agar kita dapat melestarikan hal-hal baik yang telah ada dalam komunitas kita.

Salah satu hal terbesar yang ditawarkan globalisasi adalah pendidikan. Pendidikan asing tidak selalu berarti lebih baik daripada pendidikan lokal, namun ia jelas menawarkan pengalaman pembelajaran yang unik bagi siswa. Belajar di negara asing memberikan siswa perspektif yang luas, sambil meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian. Itu juga membuat siswa berpikir dengan sudut pandang yang berbeda, dan membuka banyak pintu kesempatan. Pendidikan asing juga membawa lebih banyak diversitas, terutama dalam cara pikir, kepada kepemimpinan di Indonesia, dengan mengembangkan orang-orang muda yang berpengalaman hidup dan berkomunikasi dengan warga dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.